SHARING ILMU DI NGOPI CANTIK KE-8 BEAUTIESQUAD
"HOW TO GROW INSTAGRAM"
BERSAMA KAK NI PUTU CHANDRA
Hello
Beauties,
Kita
tahu di jaman sekarang, Sosial media sudah menjadi kebutuhan sehari-hari
layaknya makanan. Salah satu sosial media yang sedang maju dan wajib dimiliki yaitu
Instagram. Di Instagram pula, Content Creator mampu berkreasi dalam membuat
konten. Untuk itu mengoptimalkan performa Instagram perlu dilakukan oleh para
Content Creator ini. Nah, kali ini aku ikut acara Ngopi Cantik ke-8 bersama
Beautiesquad dengan tema “How To Grow Instagram” dengan narasumber kakak cantik
yakni kak Ni Putu Chandra, atau kak Tutu. Beliau adalah seorang Beauty Content
Creator yang juga satu anggota dari Beautiesquad lho. Ngopi Cantik ke-8 ini
adalah acara sharing yang diadakan oleh Beautiesquad melalui grup Whatsapps. Ini
adalah Ngopi Cantik pertama yang aku ikuti lho. Yuk simak ilmu apa aja yang
diajarkan dari Ngopi Cantik ke-8 ini.
Instagram
Instagram
adalah salah satu media sosial yang paling popular di dunia. Disebut-sebut
sebagai “The Popular Social Networks Worldwide” karena memiliki 1 Milyar pengguna
aktif. Untuk itu para Content Creator harus memanfaatkan crowd yang ada di Instagram
untuk menarik audience agar mengunjung dan membaca artikel, menonton konten bahkan
bisa untuk menarik brand untuk suatu project. Instagram memiliki berbagai fitur
penunjangnya seperti Insta Story, Multiple photo, Video Feed, Business Profile,
Link di Bio, Link “Swipe Up” Insta Story(Untuk
followers diatas 10k), Promote Post, IG TV dan fitur lainnya.
👉Kenapa
harus Grow Instagram?
Instagram memiliki 1 Milyar pengguna aktif tiap bulannya. Berarti memiliki user yang banyak, dan
mempermudah meraih audience dan mengoptimalkan relasi melalui Instagram.
Informasi apapun bisa dengan mudah diakses dan diupdate di
Instagram. Berbagi informasi terbaru dengan memanfaatkan fitur yang disediakan
oleh Instagrampun bisa dilakukan semisal mengupload insta story tentang produk
makeup atau skincare terbaru atau gossip yang sedang hangat diperbincangkan di dunia
beauty.
Mudah
digunakan untuk on-the go, bisa digunakan juga untuk sharing pengalaman
menggunakan produk real time.
👉Apa
itu Grow Instagram?
Hal ini yang paling bisa dilihat dan dirasakan secara tertulis
dengan angka. Seorang Beauty Blogger atau Influencer ternama seringkali dilihat
dari jumlah followersnya, misalkan dari 1000 followers menjadi 3000 followers.
Metrics ini adalah sesuatu yang bisa dijadikan ukuran. Kalau
kita sudah menggunakan business profile di Instagram, tentunya tahu dan bisa
mengakses fitur “Insights” dong. Dari fitur ini kita bisa melihat data-data
penting dari akun kita. Diantaranya yaitu Profile Visit (dalam 7 hari terakhir,
ada berapa akun yang mengunjungi akun kita?), Website Clicks (Berapa orang yang
klik link yang ada di Bio?), Reach (Berapa jumlah Instagram user yang melihat
postingan kita?), Impressions (Berapa kali postingan kalian dilihat oleh
Instagram user? Satu user bisa melihat lebih dari satu kali, hal ini terlihat
dari angka impressions lebih besar dari angka reach). Nah, data yang dimaksud
adalah angka yang tertera, misalnya profile visit in the last 7 days di akun
kita adalah 250. Angka 250 adalah datanya, kemudian untuk profile visit adalah
metricsnya. Untuk contoh peningkatan metrics adalah Profile visit dari 250 in
the last 7 days menjadi 600 in the last 7 days.
👉How
to Grow Instagram?
Business profile dan personal profile pastilah berbeda, kita perlu
mengetahui hal tersebut agar bisa mengoptimalkan fitur dan metrics yang
disediakan oleh Instagram. “Tak kenal maka tak sayang” ini juga berlaku di
Instagram, kalau kita tidak mengenal fitur dan metrics yang ada dalam akun
kita, akan sia-sia juga kita memilih business profile sebagai akun kita. Dari berbagai
fitur seperti Insta story, ask me question, IG TV, Video feed , polling dan
lainnya jika tidak digunakan secara maksimal itu akan sia-sia saja. Bisa juga
membuat grafik angka agar terlihat jelas akun kita mengalami peningkatan atau
penurunan, dan evaluasi setiap metrics.
Niche adalah pengklasifikasian akun Instagram berdasarkan
jenis dan isi atau kontennya. Misalnya saja akun aku dan kak tutu yang
sama-sama beauty niche. Dan setelah menentukan niche yang diambil, berinteraksilah
dengan akun yang memiliki niche yang sama, yaitu beauty niche juga untuk
meningkatkan peluang foto atau video kita tetap berada di niche yang sudah kita
tentukan. Hindari fangirling di akun Instagram yang nichenya berlainan dengan
fangirling. Oke itu aku hehe. Jika terdapat interaksi like atau komen di
postingan yang sebetulnya bukan niche kita akan mempengaruhi peluang postingan
kita dilihat oleh lebih banyak orang.
“Oke, selanjutkan akan aku buat akun khusus untuk umum dan
fangirling oppa oppa” hehe
Kenali secara demografis ⇒ audience kita paling banyak
perempuan atau laki-laki? Kemudian dikelompok usia yang mana?
Kenali secara geografis ⇒ audience kita paling banyak tinggal
di kota mana? Negara mana?
Kenali secara psikologis ⇒ lifestyle, audience kita lebih
banyak yang suka make up korea? Drugstore? Mekaup highend?
Kenali secara behavioritis ⇒ perilaku seperti audience kita
lebih banyak yang memang ingin tahu review produk atau sesame blogger/content
creator
Mengenali audience ini bisa membantu kita mengatur strategi
ketika kita akan post foto maupun video. Hal ini juga bisa membantu kita memilah,
kira-kira produk apa saja yang harus kita share di Instagram.
Branding ini sangatlah penting. Branding disini adalah segala aktivitas
yang bisa menguatkan dan menonjolkan diri kita sebagai Blogger atau Content
Creator. Seperti apa sih akun kalian atau diri kalian sendiri ingin dilihat
oleh audience?. Contoh mudahnya @awkarin yang cukup khas dengan 100 insta story
tiap hari dengan foto-foto aestheticnya, @21makeupaddictions yang khas dengan
video make up tutorialnya yang menggunakan background video pink. @aro_kopa
share make up tutorial dengan backsound yang fun. @heidiantjahjadi dengan
branding yang terkesan elegan.
Interaksi disini bukan dalam hal kita share di Insta story,
atau audience hanya bisa melihat kita melakukan sesuatu saja ya. Tapi lebih ke
interaksi dua arah seperti membalas comment audience, membuka question box,
mengadakan live IG, melakukan poll dan sebagainya. Banyak yang sering mengabaikan
untuk membalas comment audience padahal hal tersebut mampu meningkatkan
engagement rate akun kita lho.
Penggunaan
hastag yang sesuai dengan niche akun kita berfungsi untuk meletakkan akun kita
di niche yang tepat. Jadi hindari menggunakan hastag yang bukan niche akun
kita. Contohnya untuk niche beauty, gunakan hastag #makeuptutorial #makeup.
Jangan menggunakan hastag lain seperti #fashion #streetfood.
Nah
dari hal-hal yang sudah disebutkan diatas, bagaimanakah menurut kamu? Apakah
akun Instagrammu sudah beroperasi optimal untuk niche yang kamu pilih? Ada juga
beberapa tips tambahan dari kak Tutu yakni Konsisten dalam berbagai hal.
Misalkan Brandingnya yang konsisten, dari awal brandingnya elegan hingga
sekarang, maka audience akan mengingat ciri khas atau branding kita seperti apa.
Tidak melulu soal konsisten mengupload postingan ya, setiap akun beda
mengelolahnya sesuai dengan audience juga. Nah berlanjut dari self-branding
sendiri, kita harus tau mana konten yang banyak diminati audience kita, mencari
tahu kelebihan atau kekuatan kita dalam hal beuty misalnya seperti kemampuan
blending eyeshadow atau kemampuan menganalisa ingredients. Terkadang branding bisa
juga didapat dari hal-hal kecil yang kita sukai misalkan warna kesukaan. Pink,
bisa digunakan untuk background, watermark atau media lain.
Hal-hal
diatas tadi hasil sharing bareng kak Tutu dalam Ngopi Cantik ke-8 Beautiesquad
dengan tema “How To Grow Instagram”. Semoga bermanfaat ya, ohya kalau kalian penasaran
dengan kak tutu maupun Beautiesquad bisa langsung klik di link yang aku taruh
di bawah ini ya Beauties.
.
.
.
.
.
.
.
Thanks for reading me, kindly comment this post
💕
numpang promote ya min ^^
ReplyDeleteAyo segera bergabung dengan saya di D3W4PK
hanya dengan minimal deposit 10.000 kalian bisa menangkan uang jutaan rupiah
ditunggu apa lagi ayo segera bergabung, dan di coba keberuntungannya
untuk info lebih jelas silahkan di add Whatshapp : +8558778142
terimakasih ya waktunya ^.^