Friday, March 29, 2019

Sharing Session HBBV "How To Start A Blog?", Sudah Maksimalkah Tampilan Blog Kamu?

 

 Sharing Session HBBV "How To Start A Blog?"

With Icha Amalia





Ingin jadi seorang Blogger? Sudah tahu cara yang benar untuk memulainya? 

Banyak sekali blogger pemula yang masih labil dan belum banyak ilmu maupun pengalaman di bidang blog ini termasuk aku sendiri hehehe. Ada juga yang sekadar gemar menulis tanpa melihat atau memaksimalkan tampilan blognya. Padahal jika tampilan blog tersebut bagus dan maksimal, maka bisa menarik pengunjung atau pembaca lebih banyak karena merasa nyaman dengan blog kita. Untuk itu HBBV mengadakan Sharing Session untuk para membernya agar bisa memaksimalkan tampilan blog masing-masing. Acara yang dibuat khusus dalam bentuk Grup-chat WhatsApp yang diselenggarakan pada hari Minggu, 24 Maret 2019 pukul 12.30 WIB ini sangatlah aku nantikan. Karena aku sebagai beauty blogger pemula yang baru 6 bulan ini terjun kedunia blog masih kurang sekali ilmu dan pengalaman untuk memahami dan memaksimalkan tampilan blog. Untuk itu aku sangat antusias pula untuk berbagi hasil Sharing Session HBBV yang aku ikuti ini untuk kalian semua. Yay >.<


.
.
.
.
.

First of all, Do you know about HBBV?

Hihihihi, HBBV adalah singkatan dari Hijabers Beauty Blogger & Vlogger, sebuah komunitas yang berisi perempuan berhijab Indonesia yang memiliki kegemaran atau profesi sebagai Blogger dan atau Vlogger. Banyak ilmu dan pengalaman yang aku dapatkan selama aku masuk menjadi bagian dari HBBV, bahkan punya banyak teman dan kenalan. Sharing Session HBBV bersama kak Icha ini adalah event pertama yang aku ikuti untuk itu aku senang sekali dan alhamdulillah diberi kesempatan juga untuk berbagi ilmu dengan kalian disini. Aku gak mau pelit, ntar liang kuburnya sempit hehehe. Kepo dengan HBBV? kamu bisa check IGnya di sini IG HBBV

>.< So, Tidak perlu tunggu lama, semoga bermanfaat dan selamat membaca.


👉How to start a blog?

Sebelum memulai membuat blog, perlu diperhatikan kita harus menentukan tema blog yang akan di jadikan patokan untuk isi blognya. Misalkan tema yang dapat diambil yaitu traveling, kuliner, lifestyle, all about beauty, dan lain sebagainya. Berikut langkah-langkah memulainya yaitu :
  1. Daftar, memilih platform, menentukan alamat blog.
  2. Setting dan Customize blog.
  3. Menulis dan publikasi konten.
  4. Mempromosikan dan optimasi konten/blog.
Untuk Sharing Session HBBV kali ini membahas point yang ke-2, yaitu “Setting dan Customize Blog”. Mengatur layout dalam suatu blog adalah hal dasar dari sebuah blog, juga bisa menjadi salah satu ciri khas seorang blogger selain isi konten dan cara menulisnya. Meski pemilihan templatenya sama dengan blog lain tapi untuk tata letaknya berbeda, begitupun font dan headernya. Dari tampilan blog ini, juga menentukan kenyamanan dari segi pengunjung blog kita. Semakin menarik dan enak dilihat, maka makin banyak pengunjungnya. Sebelum membahas lebih dalam mengenai pengaturan layout, ada beberapa bagian dari Blog yang harus diketahui yaitu Header, Body, Sidebar dan Footer. 


Bagian-Bagian Blog by Icha



Adapula beberapa elemen yang penting untuk berada di setiap blog, yakni

 
Elemen penting dalam Blog by Icha



A.    About Page
Dengan adanya About Page ini, pembaca akan tahu siapa orang dibalik konten yang sedang mereka baca. Dihalaman ini bisa di tulis biodata singkat tentang dirimu
dan blogmu.

B.  Contact page
Ini diperlukan agar pembaca mengetahui jika ingin menghubungi penulis, bisa melalui Contact page. Pada Contact page, yang dicantumkan adalah email yang aktif.

C.     Menu/Navigasi
Ini diperlukan supaya mempermudah pengunjung blog menjelajahi blog kita. Minimal dengan membuat kategori. Misalkan saja untuk beauty blog, buat menu khusus skincare, make-up, bodycare, dan lain sebagainya.

D.    Search Box
Meski fungsinya hamper mirip dengan menu atau navigasi, tapi Search Box ini diperlukan. Karena terkadang ada beberapa tulisan yang tidak masuk ke dalam kategori yang ada di navigasi. Sehingga melalui Search Box inilah pengunjung blog bisa menelusuri blog melalui keyword.

Nah, sekarang kita mulai masuk kedalam Setting dan Customize Layout ya. Layout atau tampilan ini penting karena hal pertama yang dilihat disaat pengunjung membuka blog kita adalah layout blog kita. Jika layoutnya berantakan, kemungkinan pengunjung akan merasa tidak nyaman dan malas untuk membaca tulisan kamu. Ya kan? Nah untuk itu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk tampilan atau layout blog yaitu Tema atau Template, Kombinasi Warna, Pilihan Background, Font dan Header.

  • Memilih template atau tema yang ringan, mudah dioperasikan atau user-friendly, tanggap dan cocok dengan banyak browser. Kenapa harus ringan? Agar loadingnya cepat, kalau pengunjung merasa loadingnya masuk blog kita lambat ya kemungkinan pengunjung akan menutup blog kita dan tidak melanjutkan untuk membaca atau menelusuri blog kita. User-friendly? Membuat blog apalagi isinya untuk di share ke publik berarti blog kita harus bisa membuat pengunjung bisa menelusuri blog kita dengan mudah dengan navigasi mudah digunakan. 
  • Adapun rekomendasi website untuk template blog gratis, yakni : - gooyabitemplates - btemplates - beautytemplates - themexpose
  • Berikut adalah langkah mendownload hingga mengupload template dari website : 

1.      Download template yang diinginkan.
2.    Template yang di download biasanya masih dalam bentuk RAR, perlu di Un-Zip terlebih dahulu untuk mendapatkan file aslinya dengan menggunakan program WinRAR.
3.      Pastikan di laptop atau PC terdapat program WinRAR, jika belum maka download dulu di Google.
4.      Buka filenya – Klik Extract File – muncul Pop Out – Pilih lokasi file – Klik OK.
5.     Buka folder hasil Un-zip file tadi – cari file yang berupa XML. File ini yang akan diupload ke blog.

Cara Upload File Template by Icha


6.     Berikut langkah untuk mengupload file template, buka blog – ke Dashboard – Pilih Tema
7.     Klik Backup/ Pulihkan yang ada di bagian pojok kanan atas.
8.    Klik Download Tema. Untuk menyimpan copy atau backup dari tema lama yang pernah dipakai.
9.      Klik Pilih File – pilih file template yang akan digunakan – Upload.
10.  Kembali ke halaman utama Tema – pilih bagian seluler – Klik Roda atau Gear warna abu-abu.
11.  Muncul Pop Out pengaturan – Pilih Tidak
12.  Simpan.
Setelah mengganti Template, biasanya tata letak blog akan menjadi berantakan.
13.  Bisa diatur dengan masuk ke tab Tata Letak.
14.  Atur sesuai keinginan lalu Klik Simpan Setelan (Tombol oranye di bagian kanan atas)

  • Memilih template dengan warna yang tidak terlalu ramai merupakan tampilan yang aman. Hindari warna-warna terang dan warna lain yang terlalu gelap.
  • Usahakan tidak memakai background berupa foto atau gambar agar loading blog lebih cepat.
  •  Menggunakan Font Serif atau Sans Serif agar mudah dibaca. Hindari penggunaan Font Script atau Cursive
    Font yang disarankan
  • Font Serif itu font yang mempunyai ekor atau garis kecil di ujungnya. Contoh untuk Font Serif adalah : Times New Roman, Georgia, Bell MT. 
    Font Serif
  • Kalau Sans Serif, font hurufnya tidak memiliki ekor atau garis kecil di ujungnya. Contoh : Calibri, Verdana, Arial. 
    Font Sans Serif
  • Dan apa itu Font Script atau Cursive, tipe font ini huruf yang mirip tulisan tangan yang lebih bagus untuk design, tapi kurang cocok untuk media online seperti blog karena susah dibaca. 
    Font Script atau Cursive
  • Kombinasikan ukuran font dengan perbedaan ukuran untuk judul dan isi konten. Untuk isi konten bisa menggunakan ukuran font 12-14 px, sedangkan untuk font judul sekitar 20 px. Ukuran ini yang biasa dipakai, tapi bisa disesuaikan dengan template yang diinginkan. Sesuaikan warna font dengan warna background, kombinasikan warna font gelap dengan background terang. Pilihan font bawaan dari blogspot banyak sekali. Bisa memilih di Desainer Tema Blogger. Bukan hanya mengganti atau memilih font saja tapi bisa resize ukuran sidebar, pilihan warna background, warna elemen dan lain sebagainya tanpa harus otak-atik html. Caranya yaitu :

Desain Tema Blog by Icha


1.      Masuk ke Dashboard – pilih Tema
2.      Klik tombol oranye “sesuaikan” – otomatis redirect ke Desainer Tema Blogger

  • Menambahkan tulisan atau gambar di Header. Untuk gambar yang akan dipakai Header sebaiknya menggunakan ukuran kecil dengan ukuran tingginya maksimal 200 px yang menggambarkan isi blog. Adapun cara mengatur Header, yakni :
Cara Mengatur Header by Icha


1.      Masuk ke Dashboard – pilih Tata Letak
2.      Klik Gadget Header Halaman
3.    Muncul Pop out window Mengonfigurasi Header – pilih file gambar header yang mau dipakai
4.      Pilih opsi “selain judul dan keterangan”
5.      Klik Simpan – pop out window akan tertutup – klik Simpan Setelan.

.
.
.
.

Selesai. Yeay.....👏
Seperti itu hasil Sharing Session HBBV "How To Start A Blog?"nya bersama kak Icha. Langsung aku praktekan di blog aku juga. Untuk pembaca setia atau pengunjung setia blog aku pasti sangat paham perbedaannya dimana saja dari tampilan blog aku yang lama dengan yang baru ini. Semoga kalian suka ya dan semoga sharing ilmunya bermanfaat untuk kalian semua. Aamiin.

Gimana ilmu dari Sharing Session HBBV " How To Start A Blog?"nya? Ingin mencoba menjadi seorang blogger? atau ingin mencoba berkreasi lagi dengan tampilan blog yang baru? Jangan menyerah untuk berkarya dan jangan malu untuk tampil beda dari yang lain. Keep Be Your Self and Love Your Self. 💕

.
.
.
.
.
.
.


Thanks for reading ya, kindly comment this post
💕








3 comments:

  1. Bermanfaat banget ya sharing ilmunya. Akupun jadi ngerti niy cara ganti templates dan lainnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sangat bermanfaat, semoga bisa saling membantu untuk memaksimalkan tampilan blognya

      Delete
  2. numpang promote ya min ^^
    Hayyy guys...
    sedang bosan di rumah tanpa ada yang bisa di kerjakan
    dari pada bosan hanya duduk sambil nonton tv sebaiknya segera bergabung dengan kami
    di DEWAPK agen terpercaya di tunggu lo ^_^

    ReplyDelete