Friday, October 26, 2018

Ingin Tahu Jenis Kulit Wajah kamu Itu Yang Mana? Ada 3 Cara Mudah Untuk Mengetahuinya Loh!


Ingin Tahu Jenis Kulit Wajah kamu Itu Yang Mana? Ada 3 Cara Mudah Untuk Mengetahuinya Loh!

 

cr : https://www.google.com/search?q=jenis+kulit+wajah&client=firefox-b&source=lnms&tbm=isch&sa=X&ved=0



Mengetahui Jenis kulit wajah adalah hal yang sangat penting. Sederhananya, mengetahui jenis kulit wajah adalah dasar diri untuk merawat wajah, menentukan skincare dan make up yang tepat sesuai dengan jenis kulit wajah kamu. Umumnya jenis kulit wajah ada 4 yaitu, kulit normal, kulit kering, kulit berminyak dan kulit kombinasi. Dan tiap orang memiliki jenis kulit wajah tersendiri, hal ini dapat dipengaruhi oleh faktor genetik, kandungan air pada kulit hingga pertambahan usia. Nah, jika kamu tidak tahu jenis kulit wajah dan asal memilih skincare atau make up, hal tersebut dapat menimbulkan reaksi alergi, bruntusan dan masalah kulit wajah lainnya. Untuk menghindari hal itu, yuk belajar mengetahui jenis kulit wajah. Ada 3 cara mudah untuk mengetahuinya loh! Kamu bisa lakukan di rumah ya tidak perlu ke dokter.

 

1.       Ambil Cermin

Untuk mengetahui jenis kulit wajah tidak perlu biaya mahal, hal ini bisa diatasi dengan peralatan sederhana yang tersedia di rumah. Salah satunya adalah cermin, ambil cermin yang kamu punya. Cermin berukuran kecil-sedang saja jangan terlalu besar dan lebih baik lagi cermin cembung agar pori-pori wajah kamu terlihat jelas.


2.       Lihat Pori-pori.

Dari cermin tersebut, kamu bisa melihat kondisi pori-pori wajah kamu sendiri. Jika pori-pori terlihat besar dan permukaan wajah tampak seperti kulit jeruk, berarti kamu memiliki jenis kulit berminyak. Jika tidak ada pori-pori yang terlihat berarti kamu memiliki jenis kulit kering. Tapi jika pori-pori lebih besar di daerah T-zone namun tidak tampak di pipi, kamu memiliki jenis kulit kombinasi. Dan jika pori-porimu tidak besar dan tidak juga hilang atau masih terlihat, maka kamu memiliki tipe kulit normal.

3.       Mencubit Kulit Pipi

Masih bingung dengan pori-pori kamu? Coba cara terakhir ini, yaitu mencubit pipi. Jika pipi terasa lembut dan kenyal ketika dicubit, kulit kamu termasuk bagus dan terhidrasi bukan termasuk jenis kering atau kombinasi. Jika wajah terlihat mudah berkerut ketika dicubit, artinya kulit kamu sedang dehidrasi dan termasuk jenis kulit kering dan kombinasi.

-Selamat Mencoba-



Sudah mencoba 3 Cara mudah tersebut dirumah? Bagaimana? Apa kamu sudah mengetahui jenis kulit kamu sekarang? Jika masih belum, coba simak penjelasan mengenai jenis-jenis kulit wajah berikut ini :

cr : https://www.google.com/search?q=jenis+kulit+wajah&client=firefox-b&source=lnms&tbm=isch&sa=X&ved=0ahUKEwj3s76x26PeAhUVT30KHVkOBVkQ_AUIDigB&biw=1467&bih=721#imgrc=_Lh8Z7WJMToFbM:
  •  Kulit Normal


Jika kulit wajah kamu termasuk kulit normal, biasanya terlihat bersinar alami, kenyal dan halus kan? Karena tingkat hidrasi dan sebum yang seimbang. Meski dari luar tampak sebagai kulit yang sehat dan tidak memiliki masalah tertentu. Jenis kulit normal ini tetap membutuhkan perawatan, seperti selalu dibersihkan di malam hari dan menggunakan serum atau krim malam untuk menjaganya tetap sehat.

  • Kulit Kering


Tidak adanya penampakan pori-pori di kulit wajah kamu, menunjukkan kamu memiliki jenis kulit wajah kering. Kerutan dan kekusaman adalah masalah yang biasanya dialami oleh kulit jenis ini. Apalagi saat musim dingin, jenis kulit jenis ini sering sensitif sehingga mudah iritasi karena kurang kelembapan. Terkadang ada beberapa orang yang merasakan ketidaknyamanan pada kulit wajah jenis ini setelah mandi, kulit terasa agak kencang, bersisik hingga pecah-pecah. Untuk itu, kamu harus menggunakan skincare atau make-up yang cocok untuk kulit kering.
  • Kulit Berminyak


Permukaan wajah kamu tampak seperti kulit jeruk? Pori-porimu lebar dan terbuka tidak hanya di daerah hidung? Berarti kamu memiliki jenis kulit berminyak. Untuk kulit jenis ini, kamu perlu rajin melakukan eksfoliasi 2-3x seminggu dan melakukan facial setiap bulan agar terhindar dari jerawat. Dan gunakan produk skincare ataupun make up khusus kulit berminyak.

  • Kulit Kombinasi


Kulit wajah kamu cuma berminyak di daerah T-Zone saja tapi area di pipi tetap kering? Berarti kamu memiliki jenis kulit kombinasi. Untuk menyeimbangkan minyak dan membuatnya kering di area yang berbeda bisa menggunakan Jojoba Oil.

  • Kulit Sensitif


Untuk kulit sensitif ini kebanyakan ditandai oleh tingkat kesensitifan wajah saat menggunakan sebuah produk atau karena lingkungan seperti polusi yang disertai alergi kemerahan/gatal/hingga merasa panas pada kulit wajah kamu. Jika kamu mengalaminya, maka kulit sensitif menjadi jenis kulit kamu. Kenali dulu kamu sensitif terhadap produk berbahan apa dan sebisa mungkin menggunakan produk yang berbahan alami tanpa alkohol.

        Dari 3 cara mudah tadi dan beberapa penjelasan tambahan, aku sudah coba sendiri dan hasilnya, pori-poriku terlihat besar tidak hanya di daerah hidung, tapi di pipi dan daerah T-zone juga. Jadi kulit wajah aku termasuk dalam jenis kulit berminyak. Aku juga gak terlalu kaget sih karena Ibu aku sendiri juga memiliki jenis kulit yang sama yaitu berminyak. So, udah tahu jenis kulit wajah kamu termasuk yang mana? kalau sudah, kamu siap dong untuk masuk ke dunia skincare atau make up dan mencari produk yang tepat sesuai jenis kulit wajah kamu.

-thitha-
Cr :





3 comments:

  1. yah aku pori porinya gede banget tapi pas cubit pipi juga mengkerut. termasuk yang mana dong kak 😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. kulit berminyak atau kombinasi. anatar dua itu beb

      Delete
  2. Aku juga pakai cara yang sama buat cari tau tipe kulitku apa :D

    ReplyDelete